Sederhana dan Efisien: Cara Install WordPress dengan Server Apache


WordPress adalah platform yang populer digunakan untuk membuat sebuah website atau blog. Untuk menginstal WordPress dengan benar, server Apache adalah salah satu opsi yang dapat dipilih. Melalui titik awal instalasi, artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk menginstal WordPress dengan Apache Server.

Langkah 1: Pilih Paket Hosting dengan Apache Server
Pilihlah paket hosting yang menyediakan fitur Apache Server yang telah dipasang sebelumnya. Pastikan hosting mendukung MySQL Database dan PHP yang cukup baru.

Langkah 2: Unduh WordPress
Unduh WordPress dari situs web resminya (https://wordpress.org/download/). Setelah itu, ekstrak file dan simpan dalam sebuah folder lokal.

Langkah 3: Buat Database
Buat Database MySQL menggunakan antarmuka pengelola cPanel. Ingatlah untuk mencatat nama database, nama pengguna, dan kata sandi.

Langkah 4: Konfigurasikan WordPress
Buka file wp-config-sample.php dari WordPress yang telah diekstrak sebelumnya. Lalu ubahlah detail database sesuai dengan nama pengguna, nama database, dan kata sandi. Simpan file ini dengan nama wp-config.php.

Langkah 5: Pindahkan file WordPress ke Server
Migrasikan file WordPress ke server Anda melalui File Transfer Protocol (FTP). Pastikan untuk menempatkan file WordPress di root direktori.

Langkah 6: Buka Website
Buka situs web dengan menggunakan alamat URL tersebut. Hal ini akan membuka halaman penginstalan WordPress.

Langkah 7: Instal WordPress
Ikuti langkah-langkah instalasi yang diberikan oleh WordPress. Masukkan detail nama situs, daftar pengguna, dan alamat email. Setelah selesai, WordPress akan terpasang.

Gambar 1 menunjukkan contoh FileZilla sebagai FTP Client untuk memindahkan file-file WordPress ke server Anda.

![FileZilla FTP Client](https://i.imgur.com/fpFdHvh.png)

Gambar 2 menunjukkan halaman penginstalan WordPress setelah file WordPress telah dipindahkan ke server.

![Penginstalan WordPress](https://i.imgur.com/IyKaitq.png)

Melalui tutorial singkat ini, pengguna dapat dengan mudah menginstal platform WordPress menggunakan server Apache. Penting untuk memastikan bahwa file-file WordPress terletak dan konfigurasi database yang tepat terpasang sebelum menginstal WordPress pada server Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *