Panduan Utama Instalasi WordPress di XAMPP untuk Pemula


Bagi sebagian orang, instalasi WordPress bisa menjadi hal yang cukup rumit. Menggunakan XAMPP juga bisa jadi membingungkan bagi mereka yang tidak terbiasa. Namun, berikut ini adalah panduan terbaik bagi Anda yang ingin menginstal WordPress pada XAMPP untuk pemula.

1. Unduh dan Instal Versi Terbaru XAMPP

Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengunduh dan memasang XAMPP. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengakses website resminya. Setelah itu, instal di komputer anda dengan mengikuti instruksi yang telah disediakan oleh pengembang.

2. Aktifkan Module Apache dan MySQL

Setelah XAMPP terpasang di komputer,setiap kali kamu ingin menggunakan WordPress dalam XAMPP, maka Anda harus memastikan module Apache dan MySQL telah aktif terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan masuk ke Control Panel XAMPP.

3. Unduh WordPress

Langkah selanjutnya adalah mengunduh WordPress versi terbaru dari situs resminya. Setelah file tersebut terunduh, masukkan ke folder “htdocs” yang berada pada folder XAMPP.

4. Ekstrak File yang Telah Diunduh

Setelah berhasil mengunduh WordPress, selanjutnya Anda harus mendekompresi file tersebut agar bisa diinstal. Gunakan software seperti WinRAR atau 7zip untuk membuka file tersebut. Pindahkan folder hasil ekstraksi ke folder “htdocs” tadi.

5. Buat Database MySQL

Anda perlu membuat database sebagai penyimpanan data WordPress yang akan diinstal. Dalam hal ini, silakan akses http://localhost/phpmyadmin/ pada browser internet. Kemudian berikan nama database pada kolom “Create new database”.

6. Konfigurasi WordPress

Setelah berhasil membuat database, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi WordPress. Pada langkah ini, kita harus membuat file “wp-config.php” yang terdapat pada folder WordPress. Buatlah salinan dari file “wp-config-sample.php” dan beri nama “wp-config.php”. Kemudian buka file tersebut menggunakan editor teks seperti Notepad.

Isikan nama database, username, dan password yang telah Anda buat sebelumnya pada kolom yang tersedia. Jangan lupa simpan perubahan yang Anda lakukan.

7. Instalasi WordPress

Pada langkah terakhir ini, silakan akses http://localhost/[nama folder WordPress] pada browser internet. Kemudian, pilih bahasa yang akan digunakan pada WordPress. Selanjutnya, isikan nama untuk website, username, dan password administrator. Setelah itu, Anda sudah berhasil menginstal WordPress pada XAMPP.

Demikian adalah panduan lengkap tentang cara menginstal WordPress pada XAMPP yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga panduan ini bisa membantu Anda dalam memulai pengembangan website menggunakan WordPress di masa yang akan datang. Selamat mencoba!

![instalasi wordpress](https://cdn4.wpbeginner.com/wp-content/uploads/2019/07/XAMPPInstallation.jpg)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *