Panduan Pemula: Instal WordPress di Server Apache dengan Mudah


Panduan Pemula: Instal WordPress di Server Apache dengan Mudah

WordPress adalah salah satu platform terpopuler untuk membuat situs web atau blog. Untuk menggunakan WordPress, Anda harus menginstalnya di server web. Salah satu jenis server web yang banyak digunakan adalah Apache. Artikel ini akan membantu Anda untuk menginstal WordPress pada server Apache dengan mudah.

Langkah 1: Instal Apache

Langkah pertama dalam menginstal WordPress pada server Apache adalah dengan menginstal Apache itu sendiri. Anda dapat menginstal Apache melalui terminal dengan perintah berikut:

“`
sudo apt-get pembaruan
sudo apt-get install apache2
“`

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mengunjungi situs web server Anda pada browser dengan mengetikkan alamat IP server atau alamat domain yang diberikan oleh penyedia hosting.

Langkah 2: Instal PHP

WordPress menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah menginstal PHP. Anda dapat menginstal PHP dengan perintah berikut:

“`
sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql
“`

Setelah proses instalasi selesai, jangan lupa untuk merestart Apache dengan perintah berikut untuk mengaktifkan PHP:

“`
sudo systemctl restart apache2
“`

Langkah 3: Instal MySQL

WordPress memerlukan basis data untuk menyimpan konten dan data lainnya. MySQL sangat cocok sebagai basis data yang digunakan oleh WordPress. Anda dapat menginstal MySQL dengan perintah berikut:

“`
sudo apt-get install mysql-server
“`

Anda akan diminta untuk membuat password untuk basis data MySQL yang baru. Setelah itu, Anda dapat masuk ke MySQL dengan perintah berikut:

“`
sudo mysql -u akar -p
“`

Langkah 4: Buat Database MySQL

Setelah masuk ke MySQL, Anda perlu membuat database untuk WordPress. Anda dapat membuat database baru dengan perintah berikut:

“`
BUAT DATABASE wp_database;
“`

Anda bisa mengetikkan nama basis data apa pun yang Anda inginkan di tempat “wp_database”.

Langkah 5: Unduh WordPress

Anda dapat mengunduh versi terbaru WordPress melalui situs web resminya. Setelah itu, Anda perlu mengekstrak file WordPress yang telah diunduh dan kemudian memindahkannya ke direktori /var/www/html di server Anda.

Adapun perintah untuk mengekstrak file WordPress yang telah diunduh adalah:

“`
tar -xvzf terbaru.tar.gz
“`

Setelah itu, Anda bisa memindahkan file WordPress ke direktori HTML dengan perintah berikut:

“`
sudo rsync -dari wordpress/* /var/www/html/
“`

Langkah 6: Konfigurasi WordPress

Setelah WordPress dipindahkan ke direktori /var/www/html, Anda perlu membuat file konfigurasi untuk WordPress. Anda dapat membuat file baru dan menyalin teks konfigurasi default dengan perintah berikut:

“`
cd /var/www/html/
sudo cp wp-config-sample.php wp-config.php
sudo nano wp-config.php
“`

Anda perlu mengubah beberapa baris di file konfigurasi. Pertama, Anda perlu mengisi nama basis data, nama pengguna dan kata sandi basis data yang telah dibuat di MySQL sebelumnya. Kemudian, Anda perlu mengirimkan teks acak untuk digunakan sebagai secret key.

Setelah semua konfigurasi selesai, simpan dan keluar dari file wp-config.php.

Langkah 7: Instal WordPress

Setelah konfigurasi selesai, Anda dapat membuka situs web server Anda di browser Anda dan ikuti petunjuk instalasi WordPress. Anda akan diminta untuk membuat akun pengguna baru dan password untuk login ke WordPress. Setelah akun diatur, WordPress siap untuk digunakan.

Intinya

Menginstal WordPress pada server Apache cukup mudah. Langkah-langkah dalam tutorial ini sangat ideal untuk pemula yang ingin menginstal WordPress pada server Apache mereka. Langkah pertama adalah menginstal Apache, diikuti dengan PHP dan MySQL. Setelah semua penginstalan selesai, konfigurasilah WordPress agar siap digunakan. Anda dapat membuka situs web server Anda untuk masuk ke WordPress dengan akun baru dan mulai menjelajah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *