Menginstal WordPress di Apache: Tutorial Komprehensif


Jika Anda seorang pengguna yang sering atau baru saja ingin memulai menggunakan platform CMS (Content Management System) WordPress, maka tutorial ini akan sangat membantu Anda. Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana menginstal WordPress pada Apache web server, langkah demi langkah, lengkap dengan gambaran yang sangat jelas.

Apa itu Apache?

Sebelum membahas cara menginstal WordPress pada Apache, saya akan menjelaskan apa itu Apache. Apache adalah server web open source yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Digunakan oleh ratusan juta website, Apache memiliki kapasitas yang sangat tinggi untuk menangani permintaan web, memproses data, dan mendukung berbagai jenis aplikasi web.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Apache, mari kita lanjutkan dengan tutorial instalasi WordPress pada Apache.

Langkah 1: Download WordPress

Yang pertama, unduh file ZIP WordPress terbaru dari situs resminya. Setelah Anda mengunduhnya, ekstrak file WordPress ZIP ke folder web root Anda. Folder root adalah direktori tertinggi tempat semua file dan folder situs web Anda disimpan.

Langkah 2: Buat database untuk WordPress

Setelah memasang file WordPress di folder web Anda, Anda perlu membuat database untuk WordPress. Untuk melakukannya, masuk ke mesin MySQL Anda dan buat database baru dengan perintah berikut:

BUAT DATABASE wordpressDB;

Setelah Anda membuat database baru, buat pengguna untuk basis data baru ini dan atur hak aksesnya dengan menggunakan perintah berikut:

BERIKAN SEMUA PRIVILEGES DI wordpressDB.* KE ‘user_name’@’localhost’ DIIDENTIFIKASI OLEH ‘password’;

Isi “user_name” dan “password” Anda dengan nama pengguna dan kata sandi pilihan Anda. Ini akan memungkinkan pengguna untuk terhubung ke database yang telah Anda buat.

Langkah 3: Konfigurasi WordPress

Setelah selesai membuat database, sekarang saatnya untuk masuk ke konfigurasi WordPress. Untuk melakukannya, salin file wp-config-sample.php ke wp-config.php dengan perintah berikut:

cp wp-config-sample.php wp-config.php

Setelah melakukan salinan, sekarang edit file wp-config.php Anda. Anda dapat melakukan ini tanpa masalah dengan sedikit pengetahuan dasar dari bahasa pemrograman PHP.

Selain itu, Anda juga harus memasukkan informasi database Anda (nama pake, pengguna, dan kata sandi) yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.

Langkah 4: Konfigurasi Virtual Host Apache

Sekarang konfigurasikan virtual host Apache untuk mengarahkan situs web Anda. Ini memastikan bahwa Apache dan WordPress dapat berjalan bersama untuk menampung permintaan web Anda.

Untuk menjalankannya, buka file configurasi Apache dengan menggunakan perintah berikut:

sudo nano /etc/apache2/sites-available/wordpress.conf

Kemudian, tambahkan konfigurasi virtual host berikut pada file tersebut:

ServerAdmin admin@yourwebsite.com
ServerName situs web Anda.com
ServerAlias ​​www.yourwebsite.com
DocumentRoot /var/www/html/wordpress
ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log
CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/access.log digabungkan

Pastikan mengganti “yourwebsite.com” dengan nama domain yang Anda gunakan dan sesuaikan lokasi folder DocumentRoot dengan lokasi folder WordPress yang telah Anda unduh dari langkah pertama.

Setelah itu, simpan dan keluar dari file.

Langkah 5: Aktifkan Virtual Host

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan virtual host yang telah dibuat tadi. Anda dapat melakukannya dengan perintah berikut:

sudo a2ensite wordpress.conf

Setelah diaktifkan, maka jalankan perintah berikut untuk merestart service Apache Anda:

sudo systemctl restart apache2

Langkah 6: Selesai

Langkah terakhir adalah masuk ke browser Anda dan arahkan ke alamat URL Youwebsite.com, masukkan detail akun baru Anda dan mulailah mengatur situs web Anda.

Kesimpulan

Itu adalah tutorial instalasi WordPress pada Apache lengkap dengan gambar. Dalam tutorial ini, kita telah membahas langkah demi langkah tentang cara menginstal WordPress pada server web Apache. Ini adalah proses relatif mudah yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Semoga artikel ini sangat membantu Anda untuk berhasil menginstal WordPress pada server web Apache Anda. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *