Cara Install WordPress di XAMPP Kurang Dari 10 Menit


WordPress adalah platform blogging dan pengelolaan konten paling populer di dunia. WordPress memungkinkan Anda untuk membuat situs web atau blog dengan cepat dan mudah. Namun, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menginstal WordPress di XAMPP, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. XAMPP adalah platform pengembangan web yang populer dan populer yang digunakan oleh pengembang web.

Berikut ini langkah-langkah cara menginstal WordPress di XAMPP dalam waktu kurang dari 10 menit.

![Gambar 1: XAMPP](https://i.imgur.com/fK03W07.png)

**1. Unduh XAMPP dan WordPress**

Langkah pertama ini adalah untuk mengunduh paket XAMPP dan WordPress. Buka halaman web resmi project Apache Friends dan unduh versi terbaru XAMPP. Kemudian unduh WordPress dari situs web resminya.

![Gambar 2: Halaman unduhan XAMPP](https://i.imgur.com/2EsWsUM.png)

Klik pada tombol “Download” yang sesuai dengan platform yang Anda gunakan. Setelah selesai, ekstrak paket XAMPP dan WordPress di dalam folder “htdocs” yang berada di direktori instalasi XAMPP.

**2. Instal XAMPP dan WordPress**

Setelah berhasil mengekstrak XAMPP dan WordPress, buka direktori instalasi XAMPP dan jalankan file “xampp-control”. Setelah itu, tekan tombol “Start” pada baris Apache dan MySQL.

![Gambar 3: jalankan aplikasi XAMPP](https://i.imgur.com/53951Wc.png)

Setelah Apache dan MySQL telah berhasil berjalan, buka browser web dan masukkan “localhost” pada bilah alamat URL. Halaman XAMPP akan ditampilkan. Klik pada “phpMyAdmin” yang berada di menu sebelah kiri.

![Gambar 4: PHPMyAdmin-once](https://i.imgur.com/tr3JLzF.png)

Pada jendela phpMyAdmin, klik pada tombol “New” untuk membuat database baru. Beri nama database Anda, seperti “myblog”, lalu klik pada tombol “Create”.

![Gambar 5: buat database](https://i.imgur.com/ajJZQwu.png)

Setelah berhasil membuat database baru, buka direktori “htdocs” dan cari folder “wordpress” yang telah diekstrak sebelumnya. Buka file wp-config-sample.php dan isi detail database yang telah Anda buat sebelumnya pada bagian berikut:

“`
define(‘DB_NAME’, ‘myblog’);
define(‘DB_USER’, ‘root’);
tentukan(‘DB_PASSWORD’, ”);
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);
“`

Setelah semua telah diatur, simpan file wp-config-sample.php dengan nama wp-config.php. Kemudian buka browser web dan masukkan “localhost/wordpress”. Halaman instalasi WordPress akan ditampilkan. Pilih bahasa yang sesuai dengan Anda dan klik pada tombol “Lanjutkan”.

![Gambar 6: Sambutan WordPress](https://i.imgur.com/tj3FhaF.png)

Masukkan detail yang sesuai, seperti nama, nama pengguna, dan sandi, kemudian klik tombol “Instal WordPress”.

![Gambar 7: Detail Akun Admin WordPress](https://i.imgur.com/mox0nGT.png)

Setelah itu, login ke akun WordPress Anda dan mulailah membuat situs web atau blog dengan tema, plugin, dan konten yang relevan.

Demikianlah cara menginstal WordPress di XAMPP dalam waktu kurang dari 10 menit. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *