Bersiaplah untuk Membangun Situs Web Anda: Cara Memasang WordPress Menggunakan XAMPP


Dalam dunia teknologi informasi, website sudah menjadi hal yang sangat penting. Untuk membuat sebuah website, kita membutuhkan beberapa hal, salah satunya adalah platform website. Salah satu platform website yang populer adalah WordPress.
Namun, sebelum kita dapat menggunakan WordPress, kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Salah satu cara untuk melakukan instalasi WordPress adalah dengan menggunakan XAMPP. Berikut ini adalah tutorial tentang cara menginstal WordPress menggunakan XAMPP.

1. Unduh XAMPP di Situs Resminya

Langkah pertama adalah mengunduh XAMPP dari situs resminya, https://www.apachefriends.org/index.html. Setelah selesai diunduh, lakukan instalasi seperti biasa.

2. Menjalankan XAMPP dan Menyalakan Server Apache dan MySQL

Setelah XAMPP selesai diinstal, buka aplikasinya dan klik tombol start pada bagian Apache dan MySQL.

3. Unduh WordPress dari Situs Resminya

Setelah server Apache dan MySQL sudah dinyalakan, langkah selanjutnya adalah mengunduh WordPress dari situs resminya, https://wordpress.org/download/. Setelah selesai diunduh, ekstrak berkas WordPress menjadi folder baru.

4. Pindahkan Folder WordPress ke Folder Htdocs XAMPP

Selanjutnya, pindahkan folder WordPress yang telah diekstrak tadi ke folder htdocs pada direktori instalasi XAMPP. Biasanya folder htdocs berada di C:\xampp\htdocs.

5. Buat Basis Data MySQL untuk WordPress

Setelah folder WordPress dipindahkan ke dalam folder htdocs, buat basis data MySQL untuk WordPress. Untuk membuat basis data, buka browser dan ketik alamat http://localhost/phpmyadmin. Selanjutnya, klik tab database dan buat basis data baru dengan nama yang diinginkan.

6. Konfigurasi WordPress

Setelah basis data dibuat, langkah selanjutnya adalah konfigurasi WordPress. Buka browser dan ketikkan alamat http://localhost/nama-folder-wordpress-yang-telah-dipindahkan sebelumnya. Maka akan muncul tampilan untuk mengkonfigurasi WordPress. Ikuti semua tahapan yang ada, mulai dari memasukkan nama basis data, nama pengguna MySQL, dan kata sandi MySQL.

7. Masuk ke WordPress

Setelah semua tahapan konfigurasi selesai, kita sudah bisa login ke halaman depan WordPress. Ketikkan alamat http://localhost/nama-folder-wordpress-yang-telah-dipindahkan/wp-admin untuk masuk ke halaman login WordPress. Login dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Maka, kini website WordPress yang sudah berhasil kita instal akan terlihat di halaman browser kita.

Dengan menggunakan XAMPP, kita dapat dengan mudah menginstal dan menjalankan website WordPress di komputer lokal kita, sehingga mempermudah proses pengembangan website terutama jika kita masih belajar. Jadi, tak perlu khawatir untuk mencoba menginstal WordPress menggunakan XAMPP.

![menginstal wordpress](https://images.unsplash.com/photo-1608555681538-1b36eb7208ac?ixid=MnwxMjA3fDB8MHxzZWFyY2h8MXx8d29yZHByZXNzfGVufDB8fDB8fA%3D%3D&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=50 0&q=60)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *