Aktifkan dan Jalankan Situs Anda: Menginstal WordPress di Apache


WordPress merupakan salah satu platform website terpopuler yang banyak dipilih oleh para pembuat website. Namun, sebelum kamu bisa membuat website dengan WordPress, kamu perlu menginstalnya terlebih dahulu pada server hostingmu. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menginstal WordPress pada server Apache.

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah memiliki domain dan hosting yang terpasang dengan Apache pada VPS atau dedicated server. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh WordPress

Pertama-tama, unduh versi terbaru dari WordPress dari situs web resminya. Setelah itu, ekstrak file zip tersebut dan salin konten ke dalam direktori root domainmu.

2. Buat Database dan Pengguna MySQL

Pergi ke Control Panel dan buat database baru. Setelah itu, buat pengguna MySQL dan berikan hak akses ke database tersebut.

3. Konfigurasi wp-config.php

Setelah database dan pengguna MySQL dibuat, ubah nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php dan buka file tersebut. Isi konfigurasi berikut ini:

– define(‘DB_NAME’, ‘namadatabase’); // Ganti nama database dengan nama yang kamu buat
– define(‘DB_USER’, ‘namauser’); // Ganti nama user dengan nama yang kamu buat
– define(‘DB_PASSWORD’, ‘password’); // Ganti password dengan password pengguna yang kamu buat
– tentukan(‘DB_HOST’, ‘localhost’); // Isi hostname dengan localhost

4. Unggah file ke server

Setelah file wp-config.php diisi dengan benar, upload file tersebut ke server kamu melalui FTP.

5. Akses WordPress

Setelah mengupload file, akses website kamu melalui browser. Kamu akan melihat halaman instalasi WordPress yang menjelaskan tentang informasi database. Isi informasi database yang sudah kamu buat sebelumnya pada halaman ini.

6. Konfigurasi WordPress

Setelah informasi database diisi dengan benar, kamu akan melihat halaman konfigurasi. Di sini, kamu dapat menentukan judul website, pengguna admin, dan kata sandi.

7. Selesai

Setelah mengisi informasi pada halaman konfigurasi, website WordPress kamu akan siap digunakan.

Itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menginstal WordPress pada server Apache. Jika kamu mengalami masalah dalam cara instalisasi, kamu bisa mencari bantuan pada sumber daya online atau menghubungi penyedia hostingmu untuk mendapat dukungan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menginstal WordPress pada server Apache dan membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS yang populer ini. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *