Panduan Cepat dan Mudah untuk Menginstal WordPress di Server Apache.


WordPress adalah salah satu platform blogging dan website paling populer yang tersedia untuk digunakan. Platform ini sangat fleksibel dan mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk membuat website mereka sendiri dengan mudah. Untuk membuat website menggunakan WordPress, server Apache adalah salah satu platform server yang digunakan. Di dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai A Quick and Easy Guide to Installing WordPress on Apache Server.

Langkah-langkah Install WordPress pada Apache Server

#1 Membuat Virtual Host di Apache

Langkah pertama dalam memasang WordPress pada Apache Server adalah dengan membuat virtual host di server Apache. Virtual host ini dibuat agar kita bisa melakukan hosting di server Apache dengan menggunakan nama domain yang kita inginkan. Untuk membuat virtual host, kita bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

a. Masuk ke root folder Apache dan lakukan perubahan konfigurasi pada file “httpd.conf” dengan menambahkan kode berikut di bawah baris document root:

ServerAdmin admin@contoh.com
DocumentRoot /path/ke/documentroot/
Contoh ServerName.com
ErrorLog /path/to/logs/error_log
CustomLog /path/to/logs/access_log digabungkan

b. Simpan perubahan konfigurasi dan restart apache server.

#2 Unduh WordPress

Setelah membuat virtual host, kita harus mengunduh paket instalasi WordPress dari situs web resmi WordPress dan ekstrak filenya di dalam folder pada sistem operasi yang digunakan.

#3 Buat Database MySQL

Setelah berhasil mengunduh WordPress, selanjutnya adalah membuat database MySQL untuk website kita. Kita dapat menggunakan MySQL Command Line Client atau phpMyAdmin untuk membuat database. Cara pembuatan database bisa dilakukan dengan menggunakan perintah mysql berikut ini:

BUAT DATABASE db_wordpress;

#4 Konfigurasi wp-config.php

Setelah membuat database, selanjutnya kita harus melakukan konfigurasi pada file wp-config.php. Konfigurasi pada file ini akan memungkinkan WordPress untuk terhubung dengan database yang telah kita buat sebelumnya.

A. Salin file wp-config-sample.php dan rename menjadi wp-config.php.

b. Lalu buka file ini menggunakan editor seperti nano atau vim untuk melakukan pengeditan.

c. Kemudian masukkan informasi yang telah kita buat sebelumnya ke dalam wp-config.php:

define(‘DB_NAME’, ‘db_wordpress’);
define(‘DB_USER’, ‘nama_username_db’);
tentukan(‘DB_PASSWORD’, ‘kata sandi_db’);
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

#5 Unggah File WordPress di Server

Setelah melakukan konfigurasi WP-Config, maka selanjutnya kita akan melakukan upload file WordPress ke server. Hal ini dilakukan dengan meng-copy file WordPress ke dalam virtual host yang telah kita buat.

a. Copy seluruh konten dari folder WordPress ke dalam folder document root virtual host.

b. Mengubah kepemilikan pada file dan folder WordPress agar Apache Server memiliki akses:

chown -R apache:apache wp-folder/

#6 Akses Website WordPress dan Selesai

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya kita bisa mengakses website yang telah dibuat dengan membuka browser dan memasukkan nama domain yang kita gunakan pada proses pembuatan virtual host. Setelah itu, kita bisa memulai proses pembuatan website dengan memasukkan informasi awal.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi cara mudah untuk memasang WordPress pada Apache Server dengan mudah. Dalam membuat website menggunakan WordPress, kita perlu memastikan semua konfigurasi telah dilakukan agar website dapat berjalan secara online. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka dijamin Anda akan dapat membuat website menggunakan WordPress dengan mudah di server Apache Anda. Good luck!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *