Menyiapkan Situs Web Anda dengan Penginstalan Apache WordPress Sederhana


Pada zaman modern seperti saat ini, internet menjadi salah satu sarana yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apapun dapat diakses dengan mudahnya melalui internet, mulai dari mencari informasi hingga melakukan transaksi keuangan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang berusaha untuk membangun atau membuat website di internet. Dalam membuat website, Anda memerlukan hosting server yang stabil dan memiliki tampilan yang menarik agar mudah diakses oleh para pengunjung.

Untuk hosting server, banyak orang memilih Apache sebagai salah satu alternatif yang paling umum digunakan. Apache ini memiliki performa yang stabil dan terkenal dengan kemampuan skalabilitasnya. Anda juga dapat menginstall WordPress dengan mudah pada Apache ini. Tampilan website yang dibuat dengan bantuan WordPress dapat diakses dengan mudah dan user friendly.

Berikut adalah panduan lengkap untuk setting up your website with a simple WordPress Apache install:

### Langkah 1: Install Apache pada Server

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall Apache pada server yang Anda miliki. Untuk menginstall Apache, Anda hanya perlu menjalankan perintah “sudo apt-get install apache2” pada terminal. Setelah beberapa saat, apache akan terinstal pada server dan langsung dapat diakses.

### Langkah 2: Install MySQL pada Server

Setelah berhasil menginstall Apache, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginstall MySQL pada server. MySQL ini berfungsi sebagai database server. Caranya, Anda cukup menjalankan perintah “sudo apt-get install mysql-server” pada terminal.

### Langkah 3: Install PHP pada server

Langkah berikutnya adalah menginstall PHP pada server. PHP ini berfungsi untuk membuat website yang dinamis dan interaktif. Untuk menginstall PHP, Anda harus menjalankan perintah “sudo apt-get install php7.0 libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql” pada terminal.

### Langkah 4: Pasang WordPress

Setelah Anda berhasil menginstall Apache, MySQL, dan PHP pada server, selanjutnya Anda dapat memasang WordPress. WordPress dapat diunduh secara gratis dari website resmi WordPress. Setelah diunduh, Anda dapat mengupload WordPress tersebut ke dalam folder yang sesuai dengan domain web Anda.

### Langkah 5: Konfigurasi WordPress

Setelah WordPress terpasang, maka selanjutnya dilakukan konfigurasi WordPress agar sesuai dengan kebutuhan website yang Anda inginkan. Konfigurasi ini meliputi waktu yang diinginkan, nama situs, e-mail, dan lain-lain.

Sekarang, website yang Anda miliki sudah siap diakses. Anda dapat mengakses website Anda pada domain yang Anda miliki untuk melihat tampilan website yang telah dibuat.

#### Gambar
![wordpress](https://www.bike-ridingguide.com/wp-content/uploads/2019/05/install-wordpress-e1559061715800.png)

### Kesimpulan

Dalam membuat website, Apache menjadi pilihan hosting server yang banyak digunakan oleh para website developer. Dengan adanya Apache, banyak pengguna yang menggunakan WordPress sebagai CMS untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengaturan website. Proses installasi Apache dan WordPress dapat dilakukan dengan mudah, sehingga setiap orang dapat membuat website tanpa memerlukan keahlian khusus dalam pemrograman. Kemudahan ini membuat website tidak hanya dapat diakses oleh orang yang mahir dalam bidang komputer, namun juga oleh orang awam yang ingin memiliki website tanpa memerlukan bantuan dari developer ataupun teknisi website.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *