Menginstal WordPress di Apache dengan Mudah untuk Kehadiran Online Anda


Apabila anda ingin memperkuat kehadiran online anda, membuat situs web atau blog adalah jawabannya! Salah satu platform yang paling populer adalah WordPress, suatu sistem manajemen konten yang memungkinkan anda membuat dan mengelola situs web yang mudah digunakan dan menarik bagi pengunjung. Artikel ini akan membahas cara untuk menginstal WordPress dengan mudah untuk kebutuhan anda.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa server Anda memiliki Apache, MySQL, dan PHP. Langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada sistem operasi web server Anda, jadi pastikan untuk melakukan perjalanan singkat ke Google untuk mencari tutorial spesifik. Sebagai contoh, untuk pengguna Ubuntu, Anda dapat memasukkan perintah ini di terminal Anda:

sudo apt-get install apache2 mysql-server libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql

Namun, perhatikan bahwa perintah ini hanya memasang versi PHP 7.0, yang terbaru pada saat artikel ini ditulis. Pastikan untuk memperbarui perintah Anda dengan versi terbaru yang dapat digunakan.

Setelah Anda memeriksa bahwa Apache, MySQL, dan PHP telah terinstal, langkah selanjutnya adalah memasang WordPress. Ada dua metode yang tersedia, yaitu menggunakan Kebalikan proxy atau FTP.

Metode pertama, Reverse Proxy, melibatkan seluruh proses yang dilakukan melalui terminal. Namun, metode kedua, FTP, memerlukan pengunduhan dan pengunggahan file – dan mungkin lebih sulit bagi pemula. Artikel ini akan membantu Anda melalui langkah-langkah metode pertama, yaitu menggunakan Reverse Proxy.

Langkah pertama adalah mengunduh WordPress di terminal Anda:

wget http://wordpress.org/latest.tar.gz

Kemudian, tempatkan file WordPress ke direktori yang tepat:

tar -xzvf terbaru.tar.gz
sudo mv wordpress /var/www/html

Sekarang, buat konfigurasi Apache yang mengarahkan permintaan pada port tertentu untuk diarahkan ke server tempat WordPress diinstal. Selipkan baris berikut ini di bawah dari /etc/apache2/sites-available/000-default.conf:

ServerAdmin webmaster@localhost
DocumentRoot /var/www/html/wordpress

Pilihan FollowSymLinks
IzinkanGanti Semua
Mengharuskan semua diberikan

ProxyPass / wp-admin !
ProxyPass / http://localhost:8000/
ProxyPassReverse / http://localhost:8000/
ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log
CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/access.log digabungkan

Jangan lupa untuk menyesuaikan opsi pada direktori WordPress Anda. Kemudian perintahkan Apache untuk memuat ulang konfigurasi dengan mengetik:

sudo systemctl restart apache2

Tambahkan beberapa sundries yang dibutuhkan oleh WordPress:

sudo apt-get install php-xml php-gd php-curl

Dengan semua hal di atas, Anda harus dapat menjalankan web server dan menginstal WordPress dengan mulus! Akses situs web Anda melalui browser Anda dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan instalasi WordPress. Anda akan segera memiliki situs web yang siap digunakan dengan tema dan plugin WordPress pilihan Anda!

Dalam rangka menambah kemudahan instalasi Anda dapat menggunakan beberapa layanan dari cloud atau hosting WordPress. Layanan ini biasanya menyediakan WP pre-installed sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi dan penyesuaian yang terlalu rumit dalam server Anda.

Gambar:

![alt text](https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/18/18/35/coding-1839406_960_720.jpg)

Sumber: Pixabay.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *