Dari Nol ke Situs Web: Ikuti Langkah-Langkah Ini untuk Menginstal WordPress di Cpanel.


Dalam era digital seperti sekarang, memiliki website personal atau bisnis adalah suatu hal yang sangat penting. Website bisa menjadi sarana untuk promosi produk atau jasa, memberikan informasi atau edukasi, serta bisa memperluas jaringan bisnis atau komunitas online. Namun, sebelum website dapat diakses oleh publik, proses instalasi website harus dilakukan terlebih dahulu. Salah satu cara yang paling populer dalam membuat website adalah menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan instalasi WordPress pada hosting dengan Cpanel.

1. Login pada Cpanel
Cpanel adalah control panel yang diberikan oleh provider hosting sebagai halaman akses untuk mengelola dan mengatur website. Setelah membeli hosting dan domain, kita akan diberikan akses ke Cpanel. Setelah itu, login ke akun Cpanel terlebih dahulu.

2. Buka Fitur Softaculous Apps Installer
Setelah berhasil login ke Cpanel, cari fitur Softaculous Apps Installer dan klik pada ikonnya. Softaculous adalah tool yang digunakan untuk mempermudah instalasi website, termasuk WordPress. Pada tampilan Softaculous, kita akan disajikan dengan berbagai macam CMS, seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya.

3. Pilih WordPress dan Tekan Install
Setelah memilih WordPress pada tampilan Softaculous, klik tombol install pada menu sebelah kanan. Setelah itu, kita akan diarahkan ke halaman pengaturan instalasi WordPress.

4. Tentukan Konfigurasi Instalasi
Pada halaman pengaturan instalasi WordPress, kita perlu mengisi beberapa informasi penting seperti username dan password akun WordPress, judul website, serta email admin. Selain ini, kita juga dapat memilih plugin yang akan terinstal pada website kita.

5. Pilih Lokasi Instalasi dan Tekan Install
Setelah menentukan konfigurasi, kita perlu memilih di mana WordPress akan terinstal. Pilih domain dan direktori yang kita inginkan, lalu klik tombol install untuk memulai instalasi WordPress.

6. Selesai
Proses instalasi WordPress akan memakan waktu beberapa menit tergantung kecepatan internet dan ukuran bermacam file yang harus diunduh.

Setelah berhasil install, kita sudah memiliki akses ke dashboard WordPress dan dapat mulai mengelola website kita. Terdapat juga berbagai themes dan plugins yang bisa kita gunakan untuk membuat website kita semakin menarik dan fungsional.

Demikianlah langkah-langkah untuk menginstal wordpress pada Cpanel. Meskipun terlihat rumit untuk pemula, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, website akan dapat diinstall dengan mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan CMS yang tepat, dan pastikan server yang digunakan telah mendukung aplikasi tersebut. Selamat mencoba dan sukses!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *