Buat Situs WordPress yang Berfungsi Penuh: Instal di Xampp


Bagi seorang pemula, membuat website mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan. Namun, dengan alat yang tepat, Anda bisa membuat situs web profesional tanpa harus menguasai semua cabang coding. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat situs WordPress yang sepenuhnya fungsional dengan menggunakan Xampp.

Aplikasi Xampp adalah paket server web gratis yang dirancang untuk digunakan di sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Xampp berisi semua persyaratan untuk menjalankan aplikasi web dan mendukung bahasa pemrograman seperti PHP, Perl, dan MariaDB. Jadi, sebelum kita memulai, pertama-tama unduh dan pasang Xampp di komputer Anda.

1. Unduh dan Instal Xampp
Pertama, kunjungi website resmi Xampp dan unduh paket instalernya. Setelah selesai diunduh, jalankan file exe dan ikuti instruksi instalasi. Ketika instalasi selesai, jalankan Xampp Control Panel. Di dalamnya Anda akan menemukan semua pengaturan utama seperti Apache, MySQL, dan PHP.

2. Unduh dan Instal WordPress
Kunjungi website WordPress.org dan unduh paket instalernya. Setelah selesai mengunduh, buka folder di mana Anda menyimpan file WordPress dan ekstrak file tersebut. Buka folder hasil ekstraksi tadi dan salin semua file yang ada di dalamnya.

3. Konfigurasi Database MySQL
Untuk menjalankan WordPress, kita membutuhkan database MySQL. Buka browser Anda dan ketikkan alamat “localhost/phpmyadmin” untuk membuka panel admin MySQL. Di dalam panel, pilih menu “Databases” dan buat database baru dengan memberikan nama.

Setelah membuat database, buat pengguna MySQL baru dengan nama pengguna dan kata sandi yang Anda inginkan. Setelah itu, berikan izin semua akses ke pengguna baru tersebut di database yang telah Anda buat tadi.

4. Konfigurasi File WordPress
Sekarang kita akan mengkonfigurasi file WordPress untuk menghubungkan dengan database yang telah kita buat tadi. Buka folder instalasi WordPress dan temukan file “wp-config-sample.php”. Salin file tersebut dan ubah namanya menjadi “wp-config.php”. Setelah itu, buka file wp-config.php menggunakan editor teks dan masukkan beberapa informasi penting seperti nama database, pengguna MySQL, dan kata sandi.

define(‘DB_NAME’, ‘nama_database’);
define(‘DB_USER’, ‘nama_pengguna_mysql’);
define(‘DB_PASSWORD’, ‘kata_sandi_mysql’);
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

5. Pindahkan File WordPress ke Folder Xampp
Setelah mengkonfigurasi file WordPress, pindahkan semua file tersebut ke dalam folder “htdocs” di dalam direktori Xampp Anda. Buka browser dan ketikkan alamat http://localhost/nama_folder_wordpress untuk membuka formulir instalasi WordPress.

6. Instal WordPress
Isi formulir instalasi WordPress dengan informasi seperti judul situs, alamat email admin, dan nama pengguna admin. Klik tombol “Install WordPress” untuk menyelesaikan instalasi.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke dasbor sebagai admin dan mulai membangun situs web Anda. Sekarang Anda memiliki situs WordPress yang sepenuhnya fungsional yang dapat Anda terapkan atau gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Demikianlah tutorial tentang cara membuat situs WordPress yang sepenuhnya fungsional dengan menggunakan Xampp. Dengan sedikit kesabaran dan waktu, siapa saja bisa membuat website yang menarik dan berkualitas tinggi tanpa harus menguasai semua cabang coding. Jadi, kunjungi website WordPress.org dan mulailah membangun situs web Anda sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *