Buka Kunci Kekuatan WordPress: Cara Menginstalnya di Xampp


WordPress adalah platform CMS (content management system) yang sangat populer sehingga digunakan oleh hampir 40% dari situs web di seluruh dunia. Namun, untuk bisa menjalankan WordPress, Anda memerlukan lingkungan pengembangan seperti XAMPP.

XAMPP adalah paket pengembangan web yang populer dan gratis yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP, dan Perl yang diinstal di mesin lokal Anda. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa menginstal WordPress di XAMPP.

Langkah 1: Unduh dan Instal XAMPP

Pertama-tama, Anda harus mengunduh dan menginstal XAMPP. Pergi ke situs resmi Apache Friends dan unduh XAMPP sesuai dengan sistem operasi Anda. Kemudian, jalankan penginstal, pilih komponen yang ingin Anda install, dan pilih folder tempat Anda ingin menginstal XAMPP.

Setelah selesai menginstal, buka aplikasi XAMPP Control Panel di direktori instalasi XAMPP Anda dan pastikan semua layanan yang terlibat (Apache, MySQL, dll.) Berjalan dengan baik.

Langkah 2: Unduh dan Ekstrak WordPress

Berikutnya, Anda harus mengunduh WordPress dari situs web resminya. Setelah Anda mengunduh paket WordPress, ekstrak file zip dan letakkan folder hasil ekstrak ke dalam folder htdocs di direktori instalasi XAMPP Anda.

Langkah 3: Buat Database

Sebelum Anda bisa menginstal WordPress, Anda harus membuat database untuk situs web Anda. Buka XAMPP Control Panel dan jalankan layanan MySQL Anda. Kemudian, buka browser favorit Anda dan kunjungi http://localhost/phpmyadmin. Di sini, Anda akan melihat antarmuka phpMyAdmin.

Klik pada menu Database dari bilah navigasi, dan kemudian masukkan nama database yang ingin Anda buat. Setelah itu, klik tombol buat database.

Langkah 4: Konfigurasi WordPress

Sekarang, kunjungi http://localhost/nama-folder-wordpress yang telah Anda ekstrak sebelumnya. Pilih bahasa yang Anda inginkan untuk instalasi WordPress Anda. Kemudian, masukkan informasi database yang telah Anda buat sebelumnya, yaitu nama pengguna (root), kata sandi (kosong), dan nama database yang Anda buat.

Lanjutkan dengan mengklik tombol “Submit”. Kemudian, WordPress akan memverifikasi detail database Anda dan jika semuanya benar, Anda akan melihat halaman selanjutnya untuk mengonfigurasi informasi situs web seperti judul situs, nama pengguna, dan kata sandi.

Setelah selesai, klik tombol “Install WordPress” dan Anda akan memiliki situs web WordPress yang terpasang di mesin lokal Anda. Anda dapat mengakses situs web WordPress Anda dengan mengetikkan alamat URL http://localhost/nama-folder-wordpress Anda pada browser Anda.

Sekarang, Anda dapat mulai membuka situs web Anda dengan menuliskan artikel, membuat halaman, menambahkan plugin, dan mengubah tema WordPress.

Demikianlah cara menginstal WordPress di XAMPP. Dengan cara ini, Anda dapat membangun situs web WordPress Anda sendiri dan mengembangkan keterampilan pengembangan dalam lingkungan yang aman dan terlindungi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *